Rambe, Jonsen Efendi (2013) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI NO. 105321 TUMPATAN NIBUNG KECAMATAN BATANGKUIS KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106181009 Judul.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. 8106181009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
3. 8106181009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 8106181009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. 8106181009 Bab I.pdf - Published Version
Download (791kB) | Preview
5. 8106181009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. 8106181009 Bab V.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
8. 8106181009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas matematika dan hasil belajar matematika dalam materi menghitung luas segibanyak pada siswa kelas VI SD Negeri No. 105321 Tumpatan Nibung melalui problem posing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VI SD Negeri No. 105321 Tumpatan Nibung sejumlah 21 siswa. Data diperoleh dengan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan proses pembelajaran problem posing dan tiga butir tes kreativitas matematika serta tujuh butir tes hasil belajar matematika. Data diolah dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kreativitas matematika dalam menyelesaikan soal matematika divergen pada materi menghitung luas segibanyak, pada pratindakan siswa yang kreatif dan sangat kreatif ada 7 orang siswa (33%) terjadi peningkatan menjadi 12 orang siswa (57%) pada siklus I dan pada siklus II siswa yang kreatif dan sangat kreatif terjadi peningkatan menjadi 16 orang siswa (76%). Juga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa dari pratindakan, siklus I dan siklus II dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 70. Jumlah dan persentase siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar matematika dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 70 dari pratindakan, siklus I dan siklus II berturut-turut: pratindakan adalah 7 orang siswa dengan ketuntasan 33%, siklus I terjadi peningkatan 14 orang siswa dengan ketuntasan 67% dan pada siklus II terjadi peningkatan 17 orang siswa dengan ketuntasan 81%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila minimal 75% siswa kreatif dan atau sangat kreatif.serta tuntas dalam hasil belajarnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar matematika materi menghitung luas segibanyak melalui pendekatan problem posing pada siswa kelas VI SD Negeri No. 105321 Tumpatan Nibung. Saran dari peneliti adalah pendekatan problem posing perlu diterapkan di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Ram p |
Keywords: | Matematika; Kreativitas; Problem posing; Sintaks pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 14 May 2016 16:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3907 |