PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING THINK PAIR SHARE DI KELAS V SDN 050648 BANDAR MUDA KECAMATAN BAHOROK KABUPATEN LANGKAT

Rida, Muhdizam (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING THINK PAIR SHARE DI KELAS V SDN 050648 BANDAR MUDA KECAMATAN BAHOROK KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106181014 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106181014 Judul.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106181014 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106181014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106181014 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106181014 Abstrak.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106181014 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106181014 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106181014 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106181014 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106181014 Bab I.pdf]
Preview
Text
6. 8106181014 Bab I.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106181014 Bab V.pdf]
Preview
Text
7. 8106181014 Bab V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106181014 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8. 8106181014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS, kecakapan sosial siswa, dan penggunaan Model Cooperative Learning Think Pair Share. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes hasil belajar IPS, angket kecakapan sosial siswa, dan observasi penggunaan Model Cooperative Learning Think Pair Share. Analisis data untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar IPS dan kecakapan sosial siswa dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Cooperative Learning Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa 70 meningkat menjadi 81 pada siklus II. Secara klasikal, jumlah siswa yang memperoleh nilai 65 (kategori cukup) juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 23 orang (76,67%) menjadi 28 orang (93,33%) dari 30 orang siswa. Kecakapan sosial siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Indikator ”bekerjasama dengan teman yang lain” meningkat dari 66,67% menjadi 86,67%; ”tanggung jawab sosial” meningkat dari 63,33% menjadi 86,67%; ”mengendalikan emosi” meningkat dari 76,67% menjadi 80%; “berinteraksi dengan teman lain” meningkat dari 60% menjadi 87,67%; ”mengelola konflik” meningkat dari 76,67% menjadi 93,33%; ”toleransi” meningkat dari 73,33% menjadi 86,67%; ”membudayakan sikap sportif dan disiplin” meningkat dari 70% menjadi 80%; ”mendengarkan teman yang lain” meningkat dari 63,33% menjadi 80%; dan ”berkomunikasi dengan teman lain” meningkat dari 73,33% menjadi 80%; ”memimpin” meningkat dari 70% menjadi 83,33%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif TPS juga mengalami peningkatan untuk masing-masing indikatornya, yaitu dengan nilai > 70. Model pembelajaran kooperatif TPS dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam menyajikan pelajaran pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Kecakapan sosial; Cooperative learning; Think pair share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 14 May 2016 16:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3906

Actions (login required)

View Item
View Item