Rambe, Elvida Handayani (2013) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MODEL JARINGAN TEMA (WEBBED MODEL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SEI AGUL MEDAN T.P 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106182007 Judul.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. 8106182007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
3. 8106182007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. 8106182007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. 8106182007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. 8106182007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. 8106182007 Bab I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
8. 8106182007 Bab V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
9. 8106182007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
10. 8106182007 Lampiran.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Model Jaringan Tema (Webbed Model) bagi siswa pada Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sei Agul Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D), model Van den Akker (1999) yang meliputi 3 aspek utama: substantif, prosedur dan teoretis - empiris. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah tahap pengembangan perangkat, dan tahap kedua adalah tahap pembelajaran nyata. Tahap Pengembangan Perangkat terdiri dari: Analisis Awal (analisis tujuan, analisis kebutuhan guru, analisis tugas, analisis isi, penyusunan instrumen validasi), Validasi Ahli. Tahap Pembelajaran Nyata terdiri dari: Uji coba, Refleksi dan Revisi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Analisis data validitas Silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) Analisis data hasil belajar siswa.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I Unggulan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sei Agul Medan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 27 orang, serta siswa kelas I Reguler yang berjumlah 31 orang.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran tematik dengan tema ”pengalaman”, sub tema ”pengalaman yang menyenangkan”, serta web materi pokok ”pesta ulang tahun” mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase siswa yang mencapai standar nilai pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada tes awal siswa kelas 1 Reguler sebesar ≥ 70% sebanyak 23 siswa atau 74,19%. sedangkan tes awal siswa kelas 1 Unggulan sebanyak 21 siswa atau 77,77%. Setelah tes awal maka dilaksanakanlah pembelajaran dengan menggunakan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil tes akhir yang diperoleh adalah siswa kelas I Reguler sebanyak 30 siswa atau 96,77%, dan siswa kelas 1 Unggulan sebanyak 26 siswa atau 96,29% telah mencapai KKM tema lingkungan sebesar ≥ 70%. Dari hasil ini terjadi peningkatan untuk kelas I Reguler sebesar 22,58%, sedangkan kelas 1 Unggulan sebesar 18,52%. Untuk kevalidan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil validasi yang dilakukan 1 orang pakar dan 2 orang guru kelas 1 maka silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 375.001 Ram p |
Keywords: | Konkrit; Integratif; Hierarkis; Silabus; Pembelajaran tematik; Webbed model |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 19:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3902 |