Mindayani, Nining (2019) Pengembangan Perangkat Penilaian Berbasis Taksonomi Solo pada Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 NA.IX-X. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176192021 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 8176192021 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM 8176192021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM 8176192021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 8176192021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM 8176192021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 8176192021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 8176192021 BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
12. NIM 8176192021 BAB V.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
13. NIM 8176192021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan
perangkat penilaian berbasis Taksonomi SOLO pada teks laporan hasil observasi
untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 NA.IX-X; mendeskripsikan bagaimana
kelayakan perangkat penilaian, dan mendeskripsikan keefektifan perangkat
penilaian. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall.
Analisis dilakukan dengan menenentukan karakteristik kehendak siswa dan guru
dengan cara menentukan persentase jawaban setiap pertanyaan/pernyataan. Data
yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan perangkat penilaian berbasis
Taksonomi SOLO pada teks laporan hasil observasi dilakukan dengan beberapa
tahap yaitu: research and information collecting; planning; develop preliminary
form of product; preliminary field testing; main product revision; and main field
testing. Tahap tersebut sudah dibatasi dari keseluruhan tahap model
pengembangan Borg & Gall. Pembatasan tahapan pengembangan disesuaikan
dengan kebutuhan peneliti. Semua tahapan ini dilakukan dilakukan hingga produk
dikatakan berkualitas berdasarkan valid dan layak digunakan untuk
pembelajaran.; (2) persentase rata-rata seluruh indikator dari hasil terhadap
kelayakan isi adalah 85.49%; kelayakan penyajian memiliki rata-rata 88.4%;
kelayakan bahasa memiliki rata-rata 90.3%; ketiga komponen tersebut berada
pada kategori “sangat baik”. Persentase rata-rata seluruh sub komponen dari hasil
validasi ahli evaluasi untuk instrumen bentuk pilihan ganda adalah 94.38%
dengan kriteria “sangat baik” dan bentuk uraian memiliki total persentase 91.65%
dengan kriteria “sangat baik”. Hasil respon guru terhadap perangkat penilaian
memiliki total persentase rata-rata 90.38% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil
respon siswa untuk penerapan perangkat penilaian memiliki total persentase
91.31% dengan kriteria “sangat baik”; dan (3) keefektifan perangkat penilaian
berbasis taksonomi SOLO pada teks laporan hasil observasi diperoleh rata-rata
82,57. Nilai siswa paling rendah adalah 75 dan paling tinggi adalah 95. Hal ini
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik jika dibandingkan dengan
tanpa guru menggunakan perangkat penilaian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.072 Min p |
Keywords: | Perangkat Penilaian; Taksonomi SOLO; Teks Laporan Hasil Observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Mar 2020 04:28 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39009 |