Mindayani, Nining (2019) Pengembangan Perangkat Penilaian Berbasis Taksonomi Solo pada Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 NA.IX-X. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176192021 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 8176192021 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM 8176192021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM 8176192021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 8176192021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM 8176192021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 8176192021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 8176192021 BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
12. NIM 8176192021 BAB V.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
13. NIM 8176192021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan
perangkat penilaian berbasis Taksonomi SOLO pada teks laporan hasil observasi
untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 NA.IX-X; mendeskripsikan bagaimana
kelayakan perangkat penilaian, dan mendeskripsikan keefektifan perangkat
penilaian. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall.
Analisis dilakukan dengan menenentukan karakteristik kehendak siswa dan guru
dengan cara menentukan persentase jawaban setiap pertanyaan/pernyataan. Data
yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan perangkat penilaian berbasis
Taksonomi SOLO pada teks laporan hasil observasi dilakukan dengan beberapa
tahap yaitu: research and information collecting; planning; develop preliminary
form of product; preliminary field testing; main product revision; and main field
testing. Tahap tersebut sudah dibatasi dari keseluruhan tahap model
pengembangan Borg & Gall. Pembatasan tahapan pengembangan disesuaikan
dengan kebutuhan peneliti. Semua tahapan ini dilakukan dilakukan hingga produk
dikatakan berkualitas berdasarkan valid dan layak digunakan untuk
pembelajaran.; (2) persentase rata-rata seluruh indikator dari hasil terhadap
kelayakan isi adalah 85.49%; kelayakan penyajian memiliki rata-rata 88.4%;
kelayakan bahasa memiliki rata-rata 90.3%; ketiga komponen tersebut berada
pada kategori “sangat baik”. Persentase rata-rata seluruh sub komponen dari hasil
validasi ahli evaluasi untuk instrumen bentuk pilihan ganda adalah 94.38%
dengan kriteria “sangat baik” dan bentuk uraian memiliki total persentase 91.65%
dengan kriteria “sangat baik”. Hasil respon guru terhadap perangkat penilaian
memiliki total persentase rata-rata 90.38% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil
respon siswa untuk penerapan perangkat penilaian memiliki total persentase
91.31% dengan kriteria “sangat baik”; dan (3) keefektifan perangkat penilaian
berbasis taksonomi SOLO pada teks laporan hasil observasi diperoleh rata-rata
82,57. Nilai siswa paling rendah adalah 75 dan paling tinggi adalah 95. Hal ini
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik jika dibandingkan dengan
tanpa guru menggunakan perangkat penilaian.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 410.072 Min p |
| Keywords: | Perangkat Penilaian; Taksonomi SOLO; Teks Laporan Hasil Observasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Indonesia - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 23 Mar 2020 04:28 |
| Last Modified: | 23 Mar 2020 04:28 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39009 |
