Sianturi, Lentare Pinta (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Teks Deskripsi Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas VII SMP Swasta Methodist Charles Wesley Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166192013 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 8166192013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
3. NIM 8166192013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM 8166192013 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM 8166192013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 8166192013 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 8166192013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8166192013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
12. NIM 8166192013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
13. NIM 8166192013 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS berupa tes disusun disusun berdasarkan kebutuhan siswa pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS pada materi teks deskripsi siswa kelas VII SMP Methodist Charles Wesley; menganalisis kelayakan instrumen penilaian berbasis HOTS pada materi teks deskripsi; dan menganalisis kemampuan memahami soal-soal teks deskripsi berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan instrumen penilaian teks deskripsi berbasis HOTS didasarkan penelitian dan pengumpulan informasi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi hali materi dan evaluasi, revisi produk, penilaian dan saran guru bahasa Indonesia serta siswa, revisi, uji coba perorangna, revisi, uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan terbatas, revisi hingga produk valid dan layak digunakan; (2) persentase rata-rata seluruh sub komponen dari hasil validasi ahli materi adalah 91% dengan kriteria “sangat baik”. Persentase rata-rata seluruh indikator dari hasil validasi ahli evaluasi untuk instrumen bentuk pilihan ganda adalah 89.4%, untuk instrumen bentuk uraian adalah 89.42%. Seluruh penilaian ahli evaluasi berada pada kriteria “baik”. Hasil respon guru memiliki total persentase rata-rata 90% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil respon siswa dinyatakan layak dan memenuhi kriteria keseluruhan “sangat baik” dan (3) Hasil pengukurankemampuan berpikir tingkat tinggi siswa diperoleh skor rata-rata adalah 80.16. Disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengalami kenaikan yang signifikan tinggi dan mencapai KKM sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.02 Sia p |
Keywords: | Instrumen Penilaian; Teks Deskripsi; Higher Order Thinking Skills |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Mar 2020 04:00 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39006 |