Yus, Siti Rukmana (2019) Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematik Berdasarkan Prosedur Newman Dari Siswa Yang Diajar Melalui Problem Based Learning. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176171030 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM. 8176171030 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
3. NIM. 8176171030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 8176171030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. NIM. 8176171030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM 8176171030 TABLES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM 8176171030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 8176171030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 8176171030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (916kB) | Preview
13. NIM 8176171030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 8176171030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman yang diajar melalui PBL. 2) penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman yang diajar melalui PBL. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman dalam pemecahan masalah matematis pada pembelajaran Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa VII MTsN 3 Aceh Tamiang. Subjek yang dikenai wawancara mendalam terdiri dari enam kategori: yaitu dua orang siswa dengan kemampuan tinggi, dua orang siswa dengan kemampuan sedang, dan dua orang siswa dengan kemampuan rendah. Data diperoleh dari tes yang diberikan dalam bentuk essay dan wawancara yang mendalam. Objek dalam penelitian ini adalah kesalahan penyelesaian dalam pemecahan pemecahan masalah yang diberi pembelajaran matematika berdasarkan prosedur nerman dalam pembelajaran problem based learning pada pokok bahasan Bentuk Aljabar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan prosedur Newman setelah implementasi PBL pada kategori tinggi siswa cenderung melakukan kesalahan encoding, kategori sedang siswa cenderung melakukan kesalahan process skill dan encoding, sedangkan pada kategori rendah siswa cenderung melakukan kesalahan transformation, process skill dan encoding. 2) Penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman setelah implementasi PBL adalah tidak memiliki kemampuan untuk mengubah apa yang diketagui menjadi bentuk matematika, tidak paham definisi bentuk aljabar, kurang berlatih soal-soal cerita dengan materi bentuk aljabar, tidak menyadari melakukan kesalahan pada operasi hitung, tidak bisa melakukan operasi hitung dengan benar, Tidak paham perhitungan dalam bentuk aljabar, tidak mampu menuliskan jawaban akhir atau menyimpulkan, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Yus a |
Keywords: | Analisis; Kesalahan berdasarkan prosedur Newman; Pemecahan Masalah; Pembelajaran Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 09:27 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38992 |