Santoso, Fatma Erya (2020) Analisis Metakognisi Siswa SMA Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176171008 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 8176171008 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 8176171008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM. 8176171008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. NIM. 8176171008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 8176171008 TABLES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM. 8176171008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. NIM. 8176171008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 8176171008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
13. NIM. 8176171008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM. 8176171008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) tingkat metakognisi siswa
dalam kemampuan pemecahan masalah matematis, 2) jenis-jenis kesulitan
metakognisi yang dialami siswa dalam kemampuan pemecahan masalah matematis,
3) proses jawaban metakognisi siswa dalam kemampuan pemecahan masalah
matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan
untuk menganalisis metakognisi siswa dalam kemampuan pemecahan masalah
matematis pada pembelajaran problem-based learning. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X IPA-2 MAS Al-Asy’Ariyah Medan Krio. Subjek yang dikenai
wawancara mendalam terdiri dari lima kategori: yaitu satu orang siswa
berkemampuan tinggi, satu orang siswa berkemampuan sedang , satu orang siswa
berkemampuan rendah, satu orang siswa dengan jawaban paling banyak salah, dan
satu orang siswa dengan jawaban unik. Objek dalam penelitian ini adalah
metakognisi siswa dalam kemampuan pemecahan masalah matematis pada model
pembelajaran problem-based learning. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh
bahwa: 1) siswa dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah tinggi berada pada
tingkat metakognisi strategic use, siswa dengan tingkat kemampuan pemecahan
masalah sedang berada pada tingkat metakognisi aware use, siswa dengan tingkat
kemampuan pemecahan masalah rendah berada pada tingkat metakognisi tacit use.
2) jenis-jenis kesulitan metakognisi siswa dalam kemampuan pemecahan masalah
berdasarkan kesulitan fakta, konsep, prinsip dan prosedur. 3) proses jawaban siswa
dengan tingkat metakognisi strategic use berada pada kategori baik dalam
kemampuan pemecahan masalah, proses jawaban siswa dengan tingkat metakognisi
aware use berada pada kategori cukup baik dalam kemampuan pemecahan masalah,
proses jawaban siswa dengan tingkat metakognisi tacit use berada pada kategori
kurang baik dalam kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.072 San a |
Keywords: | Analisis; Metakognisi; Kemampuan Pemecahan Masalah; Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 09:17 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38991 |