Sitompul, Tina Sheba Cornelia (2013) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VII SMPN 37 DAN SMP BUDI MURNI 1 MEDAN T.P 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106182017 Judul.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 8106182017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. 8106182017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. 8106182017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. 8106182017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 8106182017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. 8106182017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. 8106182017 Bab I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
9. 8106182017 Bab V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
10. 8106182017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: memperoleh gambar faktual pelaksanaan pendidikan karakter melalui pelajaran PKn di kelas VII pada SMPN 37 Medan dan SMP Budi Murni 1 Medan; menganalisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarakter serta format penilaian dalam melaksanakan pendidikan karakter melalui pelajaran PKn; dan merancang model pendidikan karakter terhadap pelajaran PKn. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan jumlah siswa 85 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari wawancara, angket dan observasi proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pendidikan karakter melalui pelajaran PKn di kelas VIIA SMPN 37 Medan menunjukkan bahwa: terdapat 10 nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diterapkan, yaitu: religius, jujur, rasa ingin tahu, toleransi, semangat kebangsaan, gemar membaca, disiplin, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab; dan pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pelajaran PKn di kelas VIIA SMP Budi Murni 1 Medan menunjukkan bahwa: terdapat 9 nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diterapkan, yaitu: religius, demokrasi, jujur, rasa ingin tahu, cinta damai, toleransi, semangat kebangsaan, gemar membaca, dan cinta tanah air; 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Format Penilaian guru PKn dari kedua sekolah yang mengajar di kelas belum menggambarkan RPP dan Format Penilaian berkarakter. Komponen RPP yang dijadikan penilaian pada penelitian ini adalah SK/KD, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan format penilaian. RPP dan Format Penilaian yang disusun kedua guru PKn masih kategori penilaian “kurang”; dan 3) model Pendidikan Karakter yang ditawarkan kepada kedua sekolah adalah Model Pendidikan dengan menggunakan pendekatan norma. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada Model Pendidikan karakter dengan menggunakan pendekatan norma adalah adanya tujuan pendidikan karakter, isi pendidikan karakter, metode pendidikan karakter, media pendidikan, dan lingkungan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.1 Sit m |
Keywords: | Kurikulum holistik; Pendidikan karakter; Buku teks PKN; Model pembelajaran; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 19:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3899 |