Simatupang, Maknajir (2012) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SD NEGERI 101780 PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106181010 Judul.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
2. 8106181010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (710kB) | Preview
3. 8106181010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. 8106181010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. 8106181010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
6. 8106181010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
7. 8106181010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
8. 8106181010 Bab I.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
9. 8106181010 Bab V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
10. 8106181010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan pada kelas V di SD Negeri 101780 Percut yang beralamat di Jalan Karya APDN No. 13 Cinta Rakyat Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang dalam rentang waktu empat kali pertemuan, satu siklus terdiri dari 2 pertemuan yang dilaksanakan di bulan Juli 2012. Waktu belajar mata pelajaran yang disediakan 10 jam pelajaran dalam satu minggu, 1 jam pelajaran dilaksanakan selama 35 menit. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas kelas V di SD Negeri 101780 Percut Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan dibantu oleh dua orang guru mata pelajaran IPS sebagai observer di dalam kelas. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, diperoleh bahwa melalui penerapan metode permainan dapat meningkatkan pembelajaran di sekolah, dan melalui penerapan model role playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa SD Negeri 101780 Percut. Kategori ini di peroleh dari hasil konversi nilai observasi keterlaksanaan model role playing yaitu: rata-rata nilai 92 pada siklus I dan 98 pada siklus II dan terdapat peningkatan hasil belajar yang diproleh melalui nilai harian beberapa kompetensi dasar cukup signifikan dengan penerapan model role playing pada pembelajaran materi tokoh sejarah pada masa Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia yaitu: rata-rata nilai KD sebesar 4,2; menceritakan tokoh sejarah pada masa kerajaan Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia adalah sebesar 82,69 dengan ketuntasan 92%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sim p |
Keywords: | Model role playing; Motivasi; Guru; Pendidikan IPS; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 19:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3898 |