Saragih, Bangun (2019) Pengembangan Bahan Ajar Inovatif PJOK Pada Materi Senam Lantai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Dolok Masihul. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156118006 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 8156118006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM. 8156118006 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 8156118006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
5. NIM. 8156118006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
6. NIM. 8156118006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 8156118006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 8156118006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 8156118006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
13. NIM. 8156118006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM. 8156118006 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang inovatif dalam mata pelajaran PJOK materi senam lantai dan menguji efektifitas dari bahan ajar tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP. Penelitian di laksanakan di SMP Negeri 1 Dolok Marsihol. Penelitian ini mengacu kepada metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan dari Borg and Gall.
Terdapat dua ahli/pakar yang menjadi validator, yang mana hasil penilaian dari ahli adalah sangat baik (87,11%) dengan beberapa perbaikan. Uji kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang guru PJOK di SMP Negeri 1 Dolok Marsihol memberikan penilaian sebesar (78,14%, 74,42%, 76,74% dan 78,60%). Hasil penilaian bahan ajar oleh guru PJOK di sekolah tersebut termasuk dalam kategori baik dengan beberapa perbaikan. Pada uji kelompok besar yaitu kepada 95 orang siswa sebagai objek dari bahan ajar yang dikembangkan memberikan penilaian kategori sangat baik sebanyak 27 orang yaitu 2,4%, kategori baik sebanyak 63 orang atau 66,3% dan kategori cukup baik sebanyak 5 orang atau 5,3%. Hasil evaluasi dari setiap proses penelitian pengembangan telah dilakukan termasuk melakukan revisi atau perbaikan. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembngkan telah layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP.
Bahan ajar yang dikembangkan juga diuji efektifitasnya untuk mengetahui bagaimana penggunaan bahan ajar pada praktek sesungguhnya dengan membandingkan pada pembelajaran yang dilakukan dengan metode konvensional. Adapun hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji t-independen. Terdapat 2 ranah yang dilakukan pengujian yaitu ranah kognitif (0,00<0,05) dan ranah psikomotor (0,007<0,05). Dari analisis tersebut menujukkan bahwa hasil belajar tersebut meningkat dan berbeda dengan menggunakan metode belajar konvensional. Penilaian afektif dilakukan pada siswa saat melaksanakan pembelajaran bertujuan untuk mengetahui sikap dan keseriusan siswa yang mana rata-rata siswa bersikap baik selama proses belajar berlangsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 796.447 1 Sar p |
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar Inovatif; Senam Lantai |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 08:20 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38975 |