Panggabean, Ronald Hamonangan (2019) Pengaruh Media Pembelajaran dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa SMA Al Azhar Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156122052 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 8156122052 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM. 8156122052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 8156122052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 8156122052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 8156122052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8156122052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8156122052 BAB I.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
12. NIM. 8156122052 BAB V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM. 8156122052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah hasil belajar PPKn siswa
yang dibelajarkan dengan media internet lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn
siswa yang dibelajarkan dengan media buku ajar . (2) Apakah hasil belajar PPKn
siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi daripada hasil
belajar PPKn siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. (3) Apakah
terdapat interaksi antara media pembelajaran dan komunikasi interpersonal siswa
terhadap hasil belajar PPKn. Metode penelitian adalah penelitian quasi
eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi terdiri dari 199 siswa di kelas
11 SMA Al Azhar Medan pada semester kedua tahun akademik 2018/2019 dan
sampel terdiri dari 79 siswa. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua
arah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar
PPKn siswa yang dibelajarkan dengan media internet lebih tinggi daripada siswa
yang dibelajarkan dengan media buku ajar, di mana Fhitung> Ftabel (9,34 > 3,9) (2)
Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi lebih
tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang memiliki komunikasi interpersonal
rendah, di mana Fhitung> Ftabel (9,67 > 3,9) (3) Terdapat interaksi antara media
pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar PPKn, di mana
Fhitung> Ftabel (10,42 > 3,9
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Pan p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Komunikasi Interpersonal; Hasil Belajar |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 05:22 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 05:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38972 |