Ibrahim (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD NEGERI 105355 SUKAMULIA KABUPATEN DELI SERDANG TP. 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106182008 Judul.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. 8106182008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
3. 8106182008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4. 8106182008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. 8106182008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. 8106182008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. 8106182008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8106182008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. 8106182008 Bab I.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
10. 8106182008 Bab V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
11. 8106182008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran genius learning dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya belajar konvergen dengan divergen, (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 105355 Sukamulia Kabupaten Deli Serdang TP. 2012/2013. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 72 siswa dimana 36 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan dengan strategi pembelajaran genius learning dan 36 siswa sebagai kelompok yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.Instrumen penelitian dengan menggunakan tes gaya belajar siswa dan tes hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain factorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran genius learning lebih tinggi dibandingkan yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (Fhitung = 10,78 > Ftabel = 4,08), (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya belajar konvergen dengan divergen (Fhitung = 6,18> Ftabel = 4,08), (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 6,61 > Ftabel = 4,08). Data ini menunjukkan, strategi pembelajaran dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Ibr p |
Keywords: | Gaya belajar; Pendidikan IPS; Strategi pembelajaran; Genius learning; Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 10:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3897 |