Husna, Nisyya Syarifatul (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI KARAKTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR DI PERGURUAN TINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1.COVER NIM. 8156142009.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN NIM. 8156142009.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. ABSTRACK NIM. 8156142009.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR NIM. 8156142009.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
5. DAFTAR ISI NIM. 8156142009.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL NIM. 8156142009.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR NIM. 8156142009.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN NIM. 8156142009.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. BAB 1 NIM. 8156142009.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. BAB V NIM. 8156142009.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA NIM. 8156142009.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis masalah terintegrasi karakter dalam Pembelajaran Kimia Dasar di Perguruan Tinggi pada materi Larutan Asam Basa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), tahap Analysis, Design, dan Development merupakan tahap pengembangan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter. Sementara tahap Implementation dan Evaluation merupakan Tahap Pengembangan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter di salah satu Perguruan Tinggi di Kota Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 60 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yakni kelas eksperimen I menggunakan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter, sedangkan kelas eksperimen II tanpa menggunakan LKM. Berdasarkan kriteria penilaian BNSP, hasil analisis LKM berbasis masalah terintegrasi karakter memperoleh kelayakan isi sebesar 3,49; kelayakan bahasa sebesar 3,42; kelayakan penyajian sebesar3,54; dan kelayakan kegrafikan sebesar 3,33. Rerata N-Gain hasil belajar mahasiswa menggunakan Lembar Kerja Mahasiwa berbasis masalah terintegrasi karakter sebesar 0,83 (tinggi). Hasil uji statistik Paired sample T-Test menunjukkan nilai Sig. (2-Tailed) = 0,000, yang berarti LKM berbasis masalah terintegrasi karakter dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu penggunaan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan sesuai dengan karateristik materi dan kebutuhan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Hus p |
Keywords: | Pengembangan; LKM; Asam Basa; Terintegrasi Karakter; Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 02:56 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38952 |