Situmorang, Prima Lestari (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar HOTS Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1 .NIM 8176166011 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM 8176166011 PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM 8176166011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 8176166011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM 8176166011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
6. NIM 8176166011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
7. NIM 8176166011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 8176166011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
9. NIM 8176166011 BAB I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
13. NIM 8176166011 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 8176166011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar HOTS Ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dengan model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi (modified free inquiry); (2) mengetahui perbedaan hasil belajar HOTS Ekonomi pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan hasil belajar HOTS Ekonomi pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah; dan (3) mengetahui adanya interaksi antara model pembelajaran inkuiri dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar HOTS Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IPS kelas XI di SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik random sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 34 siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar uraian dan tes motivasi berprestasi. Analisis data yang digunakan adalah Anvaa Faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar HOTS Ekonomi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dengan hasil belajar Ekonomi siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi (Modified Free Inquiry) dengan fhitung > Ftabel (4,15 > 3,9); (2) terdapat perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki motivasi berprestasti tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dengan fhitung > Ftabel (171,07 > 3,9) ;(3) ada interaksi antara model pembelajaran inkuiri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar HOTS Ekonomi dengan fhitung > Ftabel (4,04 > 3,9).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Sit p |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Inkuiri Bebas Termodifikasi; Motivasi Berprestasi; Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 10:36 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 10:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38951 |