Syasmita, Indah (2020) Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Swasta Pelangi Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176181008 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM 8176181008 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM 8176181008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM 8176181008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 8176181008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM 8176181008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM 8176181008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM 8176181008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM 8176181008 BAB I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM 8176181008 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 8176181008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilandasi oleh rendahnya hasil belajar PPkn siswa serta kurangnya kesadaran guru dan siswa terhadap kelestarian budaya yang dimiliki
sehingga berdampak pada kurangnya pembelajaran budaya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan pendekatan etnopedagogi dibandingkan dengan siswa yang
diajarkan dengan pendekatan konvensional, mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dibandingkan siswa
yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah dan mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa di SD Swasta Pelangi Medan yang terletak di Jl. Bhayangkara No. 417 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V
di SD Swasta Pelangi yang berjumlah 54 orang. Kelas V/a sebanyak 27 siswa dan V/b sebanyak 27 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner kecerdasan interpersenal dan instrumen tes hasil belajar PPKn. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan pendekatan etnopedagogi
lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional, hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan
interpersonal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah dan terdapat interaksi antara
pendekatan pembelajaran dan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Sya p |
Keywords: | Pendekatan etnopedagogi; kecerdasan interpersonal; hasil belajar |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3440 Civil service. Government officials and employees L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 09:05 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38943 |