Arwira, Tiara Mahdalena (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Macromedia Flash dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182053 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 8176182053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
3. NIM. 8176182053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM. 8176182053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 8176182053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM. 8176182053 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 8176182053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM. 8176182053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 8176182053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13. NIM. 8176182053 CAHPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM. 8176182053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan
macromedia flash lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran langsung, apakah hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi
lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah, apakah terdapat interaksi
antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi
hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi
experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs
Lab. UINSU Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel
dipilih secara cluster random sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang
digunakan yaitu angket motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Data
yang diperoleh dari instrumen penelitian kemudian dianalisis menggunakan anava
dua jalur pada program SPSS 14.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis
masalah lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran
langsung (sig. = 0,03 < 0,05), Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi
lebih baik dari siswa yang memiliki motivasi rendah (sig. = 0,000 < 0,05),
Terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi
dalam mempengaruhi hasil belajar siswa (sig. = 0,02 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Arw p |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Macromedia Flash; Motivasi; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 11:31 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 11:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38922 |