Mona, Zulia (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI OPERASI PECAHAN DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V MIS AR-RAHMAN BUBUN T.A 2011/2012. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188830026 Judul.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. 81188830026 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (737kB) | Preview
3. 081188830026 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 081188830026 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. 081188830026 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. 081188830026 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. 081188830026 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 081188830026 Bab I.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
9. 081188830026 Bab V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
10. 081188830026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertitik tolak dari rendahnya aktivitas dan rendahnya Hasil Belajar matematik siswa yang disebabkan rendahnya kemampuan guru memahami Pendekatan pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Kurang relevannya Pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru dengan tujuan dan karakteristik matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar matematika siswa dengan menerapkan Pendekatan Kontekstual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di MIS AR-RAHMAN Bubun dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian adalah penerapan Pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar matematika siswa. Data penelitian diperoleh dari skenario pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, tes Hasil Belajar matematika siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dan angket respon siswa. Hasil validasi terhadap perangkat dalam kategori (dapat digunakan tanpa revisi) dan hasil uji coba intrumen tes memiliki reliabilitas 0,838 atau sangat tinggi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil analisis data pada siklus II diperoleh hasil : (1) Aktivitas siswa telah memenuhi persentase yang ditetapkan yaitu 91,77%, (2) Nilai tes hasil belajar sebesar 92,31% dari jumlah siswa yang mengikuti tes telah berhasil, (3) hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori baik dengan rata-rata 0,95.atau 95%. Berdasarkan hasil pada siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan Aktivitas siswa selama pembelajaran dan dapat meningkatkan Hasil Belajar matematika siswa. Peningkatan tersebut terjadi dengan berbagai revisi-revisi tindakan berdasarkan hasil refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 09:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3888 |