Aldila, Prima (2012) STUDI KEBERHASILAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP NILAI KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106142017 Judul.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. 8106142017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. 8106142017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. 8106142017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. 8106142017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. 8106142017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. 8106142017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. 8106142017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. 8106142017 Bab I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
10. 8106142017 Bab V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
11. 8106142017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar dan nilai karakter. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hilir Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hilir Kabupaten Labuhanbatu Utara yang dibagi dalam tiga kelompok yaitu kelompok kontrol diajar dengan menggunakan model konvensional, kelompok eksperimen-1 diajar dengan model kooperatif dan kelompok eksperimen-2 diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah soal tes hasil belajar yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba soal tes dengan menggunakan product moment untuk uji validitas dan hasil pengujian diperoleh rhit 0,37 sampai 0,6 atau lebih besar dari rtab 0,361 serta uji KR-21 reliabilitas diperoleh r11 sebesar 0,634 (sedang). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan nilai karakter siswa. Pembelajaran yang lebih tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran dengan menggunakan model koperatif (x2koop = 8,75 > x2PBM = 7,55). Sedangkan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi berpengaruh terhadap nilai karakter (x2koop = 10,42 < x2PBM = 12,19).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Ald s |
Keywords: | Kimia; Hidrokarbon; Nilai karakter; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 May 2016 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3885 |