Hotimah, Husnul (2013) EFEK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KONSEP LISTRIK STATIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106175005 Judul.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. 8106175005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106175005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 8106175005 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. 8106175005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. 8106175005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. 8106175005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8106175005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. 8106175005 Bab I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
10. 8106175005 Bab V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
11.8106175005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) menggunakan media computer dan media peraga dengan penerapan model Direc Interaction terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi listrik statis, (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah pada kedua model pembelajaran tersebut, (3) Untuk mengetahui adanya interaksi antara pembelajaran Kooperatif tipe TGT menggunakan media Komputer dan model pembelajaran DI dengan media Peraga terhadap motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen, dengan desain two-group pre-tes dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A. 2012/2013 sebanyak 2 kelas (62 Orang). Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IX-A sebanyak 31 orang dan kelas IX-B sebanyak 31 Orang. Dimana kelas IX-A diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (kelas Eksperimen) dan kelas IX-B diajar dengan model pembelajaran Direct Interaction (kelas control). Data dianalisis menggunakan SPSS 17 sehingga diperoleh terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji Anova untuk motivasi belajar terhadap hasil belajar diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan motivasi tinggi akan memperoleh hasil belajar yang tinggi. Hasil pengujian menggunakan ANOVA 2x2 dapat disimpulkan ada interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media computer dan peraga dengan motivasi belajar dalam peningkatan hasil belajar. Dari hasil perhitungan bahwa persen peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen dan kelas control menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan model DI terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 537.071 Hot e |
Keywords: | Fisika; Motivasi; Listrik statis; Pembelajaran kooperatif; Direct Interaction; Team Games Tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 May 2016 00:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3880 |