ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA DAN GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Rangkuti, Muhammad Aswin (2013) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA DAN GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106175010 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106175010 Judul.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106175010 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106175010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (876kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106175010 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106175010 Abstrak.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106175010 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106175010 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106175010 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106175010 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106175010 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106175010 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106175010 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106175010 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106175010 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106175010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106175010 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106175010 Bab I.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106175010 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106175010 Bab V.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106175010 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106175010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pembelajaran Fisika yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan direct teaching terhadap kemampuan berfikir kritis. (2) Mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa pada kelompok siswa dengan gaya belajar visual, audiotori, reading, dan kinestetik. (3) Untuk melihat apakah ada interaksi pembelajaran Fisika yang menggunakan model inkuiri dengan gaya belajar terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Sampel penelitian dipilih secara acak dengan mengundi 4 kelas yang ada untuk mendapat 2 kelas sebagai sampel penelitian kelas pertama akan diajar dengan model pembelajaran inkuiri, kelas kedua akan diajar dengan model direct teaching. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 buah, yaitu pertama tes kemampuan berfikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah angket gaya belajar yang disusun sebanyak 20 pertanyaan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa antara model pembelajaran inkuiri dan direct teaching dengan rata-rata lebih tinggi pada kelompok inkuiri dibandingkan DI. Untuk hipotesis kedua diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa pada kelompok siswa dengan gaya belajar visual, audiotori, reading, dan kinestetik dengan perbedaan yang signifikan antara gaya belajar visual dengan kinestetis, visual dengan audiotori, kinestetis dengan audiotori, dan reading dengan audiotori. Hasil perhitungan hipotesis ketiga menunjukkan adanya interaksi pembelajaran Fisika yang menggunakan model inkuiri dengan gaya belajar terhadap kemampuan berfikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Ran a
Keywords: Fisika; Berpikir kritis; Direct teaching; Gaya belajar visual; Gaya belajar auditori; Pembelajaran inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 May 2016 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item
View Item