Hutapea, Pinondang (2012) EFEK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X SMA SWASTA JOSUA 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106176017 Judul.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. 8106176017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
3. 8106176017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 8106176017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. 8106176017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. 8106176017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. -8106176017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8106176017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. 8106176017 Bab I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
10. 8106176017 Bab V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
11. 8106176017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa akibat efek model Problem Solving dan Model Ekspositori, (2) Untuk mengetahui perbedaan siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah terhadap hasil belajar, (3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara Model Pembelajaran Problem Solving dengan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada materi pokok Gerak Lurus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian two-group pre-tes dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Swasta Josua 1 Medan T.A. 2012/2013 sebanyak 4 kelas (128 orang). Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 dan kelas X-2 yang diambil secara Cluster random sampling, kelas X-2 diajar dengan model pembelajaran problem solving (kelas eksperimen) dan kelas X-1 diajar dengan model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Data dianalisis menggunakan SPSS 17 sehingga dapat diberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji anova kecerdasan emosional siswa selama proses pembelajaran terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa. Hasil pengujian menggunakan ANOVA dapat disimpulkan bahwa ada interaksi antara model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran Ekspositori dengan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Dari hasil perhitungan bahwa persen peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen lebih besar dari pada hasil belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan presentase hasil belajar Fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan hasil belajar Fisika yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Hut e |
Keywords: | Fisika; Ekspositori; Kecerdasan emosional; Gerak lurus; Model problem solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 May 2016 01:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3867 |