NURJANAH (2020) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL BROKEN TRIANGLE/SQUARE/HEART PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SDN 014681 TANAH RAKYAT T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1152111022_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1152111022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
3. NIM. 1152111022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 1152111022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1152111022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 1152111022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 1152111022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. NIM. 1152111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 1152111022_BAB I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
13. NIM. 1152111022_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 1152111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada
Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia melalui model Broken
Triangle/Square/Heart, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar
siswa pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus
dan 4 tahapan masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V SD Negeri 014681 Tanah Rakyat yang berjumlah 26 orang
siswa yang terdiri dari siswa laki-laki 11 orang dan siswa perempuan 15 orang.
Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan observasi yang
dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung guna mendapat data minat belajar
siswa pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi siswa dari jumlah
keseluruhan 26 orang siswa. Pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang
berminat sebanyak 10 orang siswa dengan persentase (38,46%) dan 16 siswa yang
belum berminat dengan persentase (61,53%), dan pertemuan II yang berminat
adalah 13 orang siswa dengan persentase (50%) dan yang belum berminat
sebanyak 13 orang siswa dengan persentase (50%). Dan pada siklus II pertemuan
I adalah 16 orang siswa yang berminat dengan persentase (61,53%) dan 10 orang
yang belum berminat dengan persentase (38,46%) dan pertemuan II yang
berminat sebanyak 24 orang siswa dengan persentase (92,29%) dan yang tidak
berminat sebanyak 2 orang siswa dengan persentase (7,69%). Dari hasil penelitian
melalui angket dari jumlah keseluruhan 26 orang siswa. siswa yang tidak berminat
sebanyak 26 siswa atau sekitar 100% dengan rincian 4 siswa termasuk dalam
kriteria cukup atau sekitar 15,38% dan 22 siswa termasuk dalam kriteria kurang
atau sekitar 84,62%, minat belajar siswa yang cukup berminat pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata 66,57 dengan kriteria yang berminat 38,46% atau
sebanyak 10 orang siswa dari 26 siswa dan kriteria yang tidak berminat 61,53%
atau sebanyak 16 orang dari 26 siswa. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,6,
dengan kriteria siswa yang berminat 96,15% atau sebanyak 25 orang dari 26
siswa, dan kriteria siswa yang tidak berminat 3,84% atau sebanyak 1 orang siswa
dari 26 siswa. Dilihat dari lembar observasi guru pada siklus I pertemuan I
(61,25%) dan pertemuan II (73,75%). Selanjutnya siklus II pertemuan I ( 77,5%)
dan pertemuan II (90%).
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model Broken Triangle/Square/Heart dapat meningkatkan minat
belajar siswa pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V SD Negeri
014681 Tanah Rakyat T.A 2019-2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PGSD 002 |
Keywords: | Minat Belajar, Model Broken Triangle/Square/Heart |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 08:54 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38608 |