PUTRI, NIA AULIA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS III SDN 101771 TEMBUNG T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1151111032_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1151111032_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
3. NIM. 1151111032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 1151111032_KATA PENGANTAR.docx 1.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 1151111032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1151111032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1151111032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1151111032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1151111032_BAB I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
13. NIM. 1151111032_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 1151111032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Picture And Picture pada
Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di kelas III SDN 101771
Tembung T.A 2019/2020. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen yang
berbentuk Nonequivalent Multiple Group Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas III SDN 101771 Tembung yang terdiri dari 2 kelas
yaitu kelas III-A dengan jumlah siswa 30 akan menjadi kelas eksperimen I dan
kelas III-B dengan jumlah siswa 30 akan menjadi kelas eksperimen II. Sampel
penelitian ini dipilih menggunakan teknik Sampling. Alat yang digunakan dalam
pengumpulan data berupa tes pilihan berganda terdiri dari 20 butir soal. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan
uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. berdasarkan analisis data nilai rata-rata
hasil belajar model pembelajaran Make A Match sebesar 81,00 dan nilai hasil
belajar model pembelajaran Picture And Picture 73,66. Dari hasil uji persyaratan
analisis data, populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam
(homogen) serta hasil pengujian hipotesis menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima
dengan hasil thitung > ttabel yaitu 3,42 > 2,00. Sehingga dapat disimpulkan ada
pengaruh dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Picture
And Picture terhadap hasil belajar siswa pada Tema 1 Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup di Kelas III SDN 101771 Tembung T.A
2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PGSD 003 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Make A Match, Model Picture And Picture. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 08:54 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38606 |