Ilyas (2013) ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1. 809173030 Judul.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. 809173030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
3. 809173030 Abstrak.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. 809173030 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. 809173030 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. 809173030 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
7. 809173030 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 809173030 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 809173030 Bab I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
10. 809173030 Bab V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
11. 809173030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan guru mata pelajaran biologi dalam pembuatan perencanaan RPP dan pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Timur, sehingga dapat mengungkapkan tingkat kemampuan guru mata pelajaran biologi didalam pelaksanaan pembelajarannya di SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Timur. Objek penelitian adalah guru mata pelajaran biologi yang mengajar di kelas X dari 17 SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Timur yang berjumlah 37 orang. Data penelitian diambil dengan menggunakan angket telaah dokumen RPP. Data analisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat kemampuan Pembelajaran guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Timur tergolong Kurang baik (67,68%). Di tinjau dari parameter komponen Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran biologi, di ketahui tingkat kemampuan guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Timur dalam pembuatan perencanaan RPP pembelajaran biologi pada komponen umum termasuk kategori kurang baik (64,90%), Identitas RPP kategori baik (76,62), SK dan KD termasuk kategori baik (68,87%), Indikator termasuk kategori kurang baik (67,18), tujuan pembelajaran termasuk katagori baik(72,01%), Materi Ajar termasuk kategori kurang baik (65,33), Alokasi waktu termasuk kategori baik (73,63), Metode pembelajaran termasuk kategori kurang baik (65,06%), pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori kurang baik (66,39%), dan penilaian hasil pembelajaran termasuk kurang baik (64,54%). Gambaran dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru biologi. Disarankan agar guru–guru Biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Timur sering mengikuti sosialisasi MGMP mata Pelajaran Biologi, Latihan, serta pembinaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan menyeluruh. Agar kemampuan guru mata pelajaran biologi dalam pembuatan Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Biologi berdasarkan KTSP di SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Timur sesuai dengan tuntutan BSNP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Ily a |
Keywords: | Biologi; Guru; Perencanaan pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3850 |