Bernadetta, Pratiwi (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 2 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172069 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8156172069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
3. NIM. 8156172069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 8156172069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM. 8156172069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 8156172069 TABLES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM. 8156172069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 8156172069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
12. NIM. 8156172069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (3) Apakah model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN2 Percut Sei Tuan dan sampel diambil menggunakan metode random sampling dengan kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Angket motivasi belajar siswa, dan (2) tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa,
(3) Model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.711 Pra p |
Keywords: | Kemampuan berpikir kreatif, Model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, motivasi belajar siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 07:25 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38474 |