Liyusri (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI ILMU SOSIAL SMA NEGERI 1 PINANGSORI KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106122020 Judul.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. 8106122020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
3. 8106122020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4. 8106122020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. 8106122020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
6. 8106122020 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. 8106122020 Bab V.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
8. 8106122020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengctahui: (1) hasil belajar Oeografi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (SPE), (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Geografi siswa.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri I Pinangsori yang berjumlah 114 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Sampel berjumlah 76 orang yang terdiri dari 38 orang sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) dan 38 orang sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (SPE).Instrumcn pengambilan data hasil belajar Geografi menggunakan 40 soal pilihan ganda sedangkan untuk menentukan gaya belajar siswa digunakan angket gaya belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengandesain faktorial 2x3. Teknik analisa data yang digunakan teknik ANAVA duajalur pada taraf signifikan a = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Geografi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori {SPE) Fhitung = 11,61 > Ftabel = 3,08 pada taraf signifikan a = 0,05; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Geografi siswa yang memiliki gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik dengan Fhitung = 3,429 > Ftabel = 3,13 pada taraf signifikan a = 0,05; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar mempengaruhi hasil belajar Geografi siswa, dengan Fhitung = 5,115 > Ftabel = 3,13 pada taraf signifikan a = 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Liy p |
Keywords: | Gaya belajar; Strategi pembelajaran; Pembelajaran ekspositori; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 05:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3846 |