KURNIATI, BELLA (2020) PENGEMASAN PEMBELAJARAN TARI MANDUDA BERBASIS E-LEARNING SCHOOLOGY UNTUK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 2152141007 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM 2152141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (784kB) | Preview
3. NIM 2152141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 2152141007 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM 2152141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6. NIM 2152141007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 2152141007 LIST OF PHOTOS.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8. NIM 2152141007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 2152141007 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM 2152141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
14. NIM 21512141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM 2152141007 BLIBIGRAPHI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengemasan materi pembelajaran Tari Manduda berbasis E-Learning Schoology. Landasan teoritis dalam penelitian ini dijadikan pedoman dalam pengumpulan data terdiri dari teori pembelajaran, pengemasan, media pembelajaran, dan E-Learning Schoology, yang dijadikan acuan dalam pengemasan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif kuantitatif. Populasinya adalah siswa-siswi SMA Negeri 10 Medan, sedangkan sampel penelitiannya adalah 10 orang siswa-siswi kelas X SMA Negeri 10 Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan, dokumentasi, dan instrument penelitian yang menggunakan angket untuk uji kelayakan ahli media dan ahli materi dan teknik analisis data. Data ini kemudian dianalisis dengan metode kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Pengemasan materi pembelajaran tari Manduda yang dikemas kedalam bentuk media audio visual berbasis E-Learning schoology sesuai dengan teori yang digunakan. Langkah-langkah pengemasan dalam penelitian ini menggunakan 4 tahap yaitu ,(1) Identifikasi Kebutuhan (2) Perumusan Tujuan (3) Perumusan Butir-Butir Materi (4) Pembuatan Flowchart, Finishing dan Pemprograman. Pada tahap validasi desain, produk ini melibatkan 2 orang validasi ahli materi, 2 orang validasi ahli media, dan 10 orang siswa untuk uji coba pengguna. Skor yang didapat dari validasi dan uji coba pengguna mendapat kategori sangat baik dengan rincian skor 4,6 dari uji coba validasi ahli materi, skor 4,7 dari uji validasi ahli media dan skor 4,3 dari uji coba pengguna. Skor tersebut membuktikan bahwa produk video pembelajaran ini layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran Seni Budaya kelas X Sekolah Menengah Atas, produk video pembelajaran ini dikemas kedalam bentuk media audio visual kemudian diunggah dalam aplikasi E-Learning Schoology yang digunakan dengan memanfaatkan jaringan internet. Namun, video pembelajaran tersebut masih bisa dimanfaatkan tanpa jaringan internet dengan mengunggahnya kedalam CD/DVD Room, flashdisk dan sebagainya .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 TARI 008 |
Keywords: | Pengemasan; E-Learning Schoology; Tari Manduda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:45 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38444 |