SARI, NADIA RATNA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII AK SMKS PRAYATNA-1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7152142009 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7152142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
3. NIM 7152142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
4. NIM 7152142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
5. NIM 7152142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 7152142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM 7152142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM 7152142009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
9. NIM 7152142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
13. NIM 7152142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
14. NIM 7152142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Permaasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMKS Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII AK yang berjumlah 26 orang . Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 12 siswa (46%) yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kriteria aktif meningkat menjadi 23 orang siswa (88%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan 80% ≥ 23. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test 45 dengan siswa yang tuntas 4 siswa (15%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 67 dengan siswa yang tuntas 14 siswa (54%) dan meningkat di hasil post test siklus II dengan nilai rata-rata 86 dengan siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (92%) dan telah memenuhi KKM 80% ≥70. Berdasarkan analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Aktiva Tetap di kelas XII AK SMKS Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 AKT 003 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Discovery Learning, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:45 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38434 |