VETRYCIA, DAMAI LINDA GEA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK SMK TR SINAR HUSNI MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM.5133331018 COVER.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
02. NIM.5133331018 APPROVAL SHEET.pdf
Download (469kB)
03. NIM.5133331018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
04. NIM.5133331018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
05. NIM.5133331018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
06. NIM.5133331018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. NIM.5133331018 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. NIM.5133331018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
09. NIM.5133331018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (907kB) | Preview
10. NIM.5133331018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
14. NIM.5133331018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik Siswa Kelas X Jurusan TITL SMK TR Sinar
Husni. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMK TR Sinar Husni
Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan
mengambil dua kelas, yaitu kelas X-TITL 1 sebagai kelas Reciprical Teaching
dan kelas X-TITL 2 sebagai kelas Ekspositori, yang masing-masing kelas
berjumlah 24 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil
belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan
jumlah soal 25 butir. Hasil pengujian posttest sesudah diberi perlakuan yang
berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas Reciprocal Teaching adalah 22.45 dengan
standar deviasi 1.61 dan skor rata-rata di kelas Ekspositori 19.20 dengan standar
deviasi 1.71. Pada pengujian data posttest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua
kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan yang
sama.
Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 10.35 dan
ttabel = 2.06. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu hasil belajar Model
Pembelajaran Pembelajaran Reciprocal Teaching memberikan hasil belajar pada
pelajaran Dasar dan pengukuran listrik yang lebih tinggi daripada pembelajaran
menggunakan model Ekspositori pada siswa kelas X TITL SMK TR Sinar Husni
Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 ELK 001 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Model Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:43 |
Last Modified: | 13 May 2024 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38392 |