MARBUN, REINHARD MARBUN (2019) PEMBELAJARAN SAXOPHONE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BACKING TRACK DI SMK NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2141140040 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 2141140040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 2141140040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 2141140040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 2141140040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 2141140040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 2141140040 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 2141140040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
12. NIM. 2141140040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
13. NIM. 2141140040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran saxophone dengan menggunakan media media backing track, hasil belajar dengan menggunakan media backing track, dan faktor kesulitan belajar dengan menggunakan media backing track di SMK Negeri 11 Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran, teori kesulitan belajar, teori hasil belajar, instrument saxophone, media pembelajaran, backing track, dan teori teknik permainan saxophone. Penelitian ini dilaksanakan pada Juli 2019 s/d Semptember 2019 di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 31, Kelurahan Gaharu, Kecamatan Medan Timur. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 9 orang, yaitu 1 orang guru praktek saxophone dan 8 orang siswa kelas XII yang mengambil mayor saxophone. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses pembelajaran saxophone dengan menggunakan media backing track meliputi proses pembelajaran saxophone, yaitu penyeteman (Tuning), pemanasan (warming up) dibagi dua bagian long tune (Tiupan Nada Panjang) dan fingering (penjarian), etude . Media backing track dalam pembelajaran saxophone, yaitu alat musik saxophone, laptop/handphone, kabel audio, dan speaker aktif. Materi pembelajaran saxophone berupa lagu/bahan yang memiliki partitur not balok dan backing track. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran saxophone dengan menggunakan media backing track mendapat nilai yang baik dengan indikator penilaian mampu memainkan tanggan nada mayor dan minor (blues,pentatonic dan dominant7) mulai dari 1# sampai 7# hingga 1b sampai 7b, etude, dan lagu/bahan yang diberikan. Faktor kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media backing track meliputi siswa kurang mahir membaca partitur not balok, siswa malas latihan, siswa sering tidak fokus dalam pembelajaran, siswa tidak memiliki alat musik saxophone, dan ruangan praktek saxophone terlalu sempit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MSK 007 |
Keywords: | Media,Backing Track , Mayor Saxophone |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:43 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38390 |