Triastuti, Lely (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH MTS AR-RAUDHATUL HASANAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 061188230057 Judul.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. 061188230057 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
3. 061188230057 Abstrak.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. 061188230057 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. 061188230057 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
6. 061188230057 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. 061188230057 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 061188230057 Bab I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
9. 061188230057 Bab V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar fiqih siswa yang diajar dengan strategi demonstrasi dan strategi ekspositori, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang mempunyai perseopsi positif dan siswa yang mempunyai persepsi negative, (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan persepsi siswa terhadap hasil belajar fiqih.Penelitian ini dilaksanakan di pesantren Ar Raudhatul hasanah Paya bundung Medan semester genap tahun ajaran 2008/2009 populasi penelitian berjumlah 195 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling sejumlah 68 orang yang terdiri dari siswa kelas VII B sejumlah 34 orang untuk strategi demostrasi dan siswa VII D sejumlah 34 orang untuk strategi ekspositori. Tes persepsi siswa dilakukan untuk mengelompokan siswa atas persepsi positif dan persepsi negatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan Desain Faktorial 2x2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial ANAVA dua jalur dengan taraf signifikansi a : 0,05 yang sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar fiqih siswa diajarkan dengan strategi pembelajaran demonstrasi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, dimana Fhitung (5,285) > Ftabel (3,96) pada taraf signifikansi = 0,05; (2) siswa yang memiliki persepsi positif memperoleh hasil belajar fikih yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki persepsi negatif, dengan Fhitung (7.073) > Ftabel (3,96) pada taraf signifikansi = 0,05; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan persepsi siswa terhadap hasil belajar fikih, dengan Fhitung (23,264) > Ftabel (3,96) pada taraf signifikansi = 0,05;.Hipotesis ini menunjukan bahwa strategi demontrasi lebih baik daripada strategi ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar fikih, dan siswa yang memiliki persepsi positif akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki persepsi negatif. Strategi ekspositori akan memberikan hasil belajar yang lebih baik apabila diajarkan pada siswa yang memiliki persepsi negatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Tri p |
Keywords: | Fiqih; Strategi pembelajaran; Strategi demonstrasi; Strategi ekspositori; Persepsi positif; Persepsi negatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3839 |