MENTARI, INDAH (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL DAN INTELEKTUAL) MATERI TATAK TINTOA SERSER PADA SISWA X SMK TELKOM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2143340019 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 2143340019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 2143340019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 2143340019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 2143340019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 2143340019 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 2143340019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 2143340019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 2143340019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
13. NIM. 2143340019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 2143340019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pembelajaran Tatak Tintoa Serser dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intelektual) berdasarkan KD 3.1 yaitu memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi diserta KD 4.1 yaitu memeragarakan gerak tari tradisional berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur sesuai dengan hitungan/ketukan. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Menurut Shoimin (2016:177) istilah SAVI kependekan dari : Somatis (belajara dengan berbuat dengan bergerak) bermakna gerakkan tubuh (hands-on,aktivitas fisik), yakni belajar dengan mengalami dan melakukan. Audiotory (belajar dengan berbicara dan mendengar) bermakna bahwa belajar haruslah melalui mendengar, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, mengemukakan pendapat, dan menanggapin. Visual (belajar dengan mengamati dan menggambarkan) bermakna belajar haruslah mengunakan indra penglihatan melalui mengamati, menggambar, mendemonstrasikan, membaca, mengunakan media dan alat peraga. Intelektual (belajar dengan memecahkan masalah dan berfikir) bermakna bahwa belajar haruslah mengunakan kemampuan berfikir (mainds-on). Belajar haruslah dengan konsentrasi, fikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidikin, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengkonstruksi, memecahkan masalah dan menerapkannya. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan mengggunakan rumus uji t. Sampel pada penelitian terdiri dari satu kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X TKJ 4 SMK TELKOM MEDAN. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif atau praktek yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda (multipel Choise). Hasil pretest dengan diperolah rata-rata 58,43 sedangkan hasil postest) diperoleh nilai rata-rata 80,15 menggunakan uji t hasil ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intelektual) thitung > ttabel yaitu 9,93 > 1,670 maka hipotesis penelitian diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 TARI 011 |
Keywords: | TATK TINTOA SERSER, SAVI (SOMATI, AUDITORY, VISUAL DAN INTELEKTUAL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:43 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38377 |