SIREGAR, NURHAYATI (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VII SMP NEGERI 2 HINAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132111022 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 4132111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 4132111022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 4132111022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 4132111022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 4132111022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. NIM. 4132111022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 4132111022 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. NIM. 4132111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
10. NIM. 4132111022 BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
14. NIM. 4132111022 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM. 4132111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi aritmetika sosial di kelas VII SMP Negeri 2 Hinai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Hinai sebanyak 28 siswa
pada semester genap T.A 2017/2018. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing–masing terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil dari PTK ini merupakan tindakan. Sebelum
memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data
diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah. Jumlah
siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes kemampuan awal yaitu 5 dari 28 orang siswa (17,86 %) dengan rata – rata kelas 48,46. Hasil analisis data pada siklus
I setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh tingkat kemampuan memahami masalah siswa 80,80% , tingkat kemampuan merencanakan penyelesaian masalah siswa 77,08%, tingkat kemampuan melaksanakan penyelesaian masalah 73,80% dan tingkat kemampuan memeriksa kembali penyelesaian masalah 51,34%, dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 20 orang siswa dari 28 siswa atau 71,43% dan belum mencapai ketuntasan kelas. Hasil analisis data pada siklus II dengan model pembelajaran berbasis masalah diperoleh tingkat kemampuan memahami masalah siswa 83,48%, tingkat kemampuan
merencanakan penyelesaian masalah siswa 80,65%, tingkat kemampuan melaksanakan penyelesaian masalah 77,38% dan tingkat kemampuan memeriksa kembali penyelesaian masalah 79,91%, dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 25
orang siswa dari 28 orang siswa atau (85,71%) sehingga sudah mencapai ketuntasan kelas yaitu sebesar 85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya yang dilakukan
melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmetika sosial di SMP Negeri 2 Hinai T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 008 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:42 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38367 |