AHZUAR, BENI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK ELASTISITAS & HUKUM HOOKE KELAS XI SEMESTER I MAN 3 MEDAN T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4143321007 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
02. NIM 4143321007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
03. NIM 4143321007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
04. NIM 4143321007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
05. NIM 4143321007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
06. NIM 4143321007 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
07. NIM 4143321007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
08. NIM 4143321007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
09. NIM 4143321007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
13. NIM 4143321007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
14. NIM 4143321007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
Penelitian dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif Menggunakan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI Semester I Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan T.P. 2019/2020 bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik menggunakan model pembelajaran berpikir induktif dengan menggunakan Mind Mapping dan pembelajaran konvensional..
Jenis penelitian adalah Quasi Experiment dengan pengambilan sampel dilakukan secara Class Random Sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas yang ada dan yang menjadi sampel adalah kelas XI-MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian yaitu tes pemahaman konsep peserta didik yang di validasi oleh validator.
Analisa data untuk pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen diperoleh rata-rata Pretest 35,20 dan Postest 79,57. Kelas kontrol diperoleh rata-rata Pretest 32,26 dan Postest 63,87. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (6,79 > 1,67) sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berpikir induktif dengan menggunakan Mind Mapping terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke kelas XI semester I Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan T.P. 2019/2020. Rata-rata nilai aktivitas peserta didik di kelas eksperimen diproleh 71,72% dengan kategori aktif, sedangkan rata-rata nilai Peserta didik dalam pembuatan Mind Mapping diperoleh 80,16% dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 005 |
Keywords: | ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE; MIND MAPPING; MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF; PEMAHAMAN KONSEP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:42 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38360 |