Tampubolon, Mangihut (2011) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN DI PERGURUAN TINGGI CENDANA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 809315011 Judul.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. 809315011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
3. 809315011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. 809315011 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. 809315011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. 809315011 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 809315011 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 809315011 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. 809315011 Bab I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
10. 809315011 Bab V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
11. 809315011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah, bagaimana pimpinan dalam konteks kepemimpinannya dalam hal ini Direktur mengimplementasikan komunikasi interpersonal yang meliputi, Keterbukaan (Openess), Perilaku medukung (Suportiveness), Perilaku Positif (Positiveness), Empati (Empathy) dan Kesetaraan (Equality) di Perguruan Tinggi Cendana Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Komunikasi Interpersonal pimpinan dalam upaya membangun dan meningkatkan kinerja di Perguruan Tinggi Cendana Medan sehingga menjadi kategori perguruan tinggi yang terbaik di Jajaran Kopertis Wilayah- I Sumatera Utara dan Aceh.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sampel ditentukan secara purposive dengan menetapkan responden atau orang kunci (key informan) yang terdiri dari Direktur Perguruan Tinggi Cendana, pembantu Direktur, Ketua Prodi, Dosen, mahasiswa dan orangtua siswa sekaligus sebagai stakeholder eksternal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara mendalam dan kajian dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan langkah-langkah yaitu pemaparan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya dilakukan uji keabsahan dengan Uji kredibilitas (credibility), pengujian keteralihan (transferability), Pengujian ketergantungan (dependability) dan uji kepastian (confirmability)Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan temuan penelitian antara lain: 1) pimpinan perguruan tinggi cendana dalam hal ini direktur telah melaksanakan kepemimpinannya dengan baik dalam konteks implementasi komunikasi interpersonal yang meliputi, keterbukaan, perilaku mendukung, perilaku positif, empati dan kesetaraan, hal itu terbukti bahwa sivitas akademika saling percaya, ada kebersamaan, kehangatan, kenyamanan merasa dihargai dalam melakukan tugas masing-masing, sehingga perguruan tinggi cendana dari tahun ke tahun semakin maju dan berkembang disetiap aspek kehidupan kampus. 2) Direktur dalam konteks kepemimpinannya melakukan strategi visioner yaitu mampu memprediksi jauh kedepan, seperti halnya yang terkandung dalam misi, bahwa perguruan tinggi cendana akan menghasilkan 1000 pemimpin dalam dunia usaha pada tahun 2017.Dari temuan penelitian ini, disarankan agar implementasi komunikasi interpersonal tetap dipertahankan dan lebih ditingkatkan pelaksanaannya dengan konsisten, sehingga keberadaan dan kepercayaan terhadap perguruan tinggi cendana tetap terjaga dan semakin meningkat Strategi kepemimpinan yang visioner hendaknya dapat dipadu dengan strategi yang variatif yang mengacu kepada manajemen perubahan yang modern, agar prediksi tahun 2017 dapat tercapai dengan pasti.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.1 Tam i |
Keywords: | Komunikasi interpersonal; Ketrampilan kepemimpinan; Perguruan tinggi; Empati; Kesetaraan; Keterbukaan; Perilaku mendukung; Perilaku positif |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3836 |