Aliansyah, Ardi (2012) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KULTUR ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN ASAHAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 809132025 Judul.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. 809132025 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
3. 809132025 Abstrak.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. 809132025 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
5. 809132025 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
6. 809132025 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. 809132025 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. 809132025 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. 809132025 Bab I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
10. 809132025 Bab V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
11. 809132025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Kinerja guru merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan mutu pendidikan. Bila guru mempunyai kinerja yang baik maka hasil proses belajar mengajar juga akan baik. Kinerja guru dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kepemimpinan kepala sekolah dan kultur organisasi sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan gaya kepemimpinan dengan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Asahan; (2) hubungan kultur organisasi dengan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Asahan; dan (3) hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kultur organisasi sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Asahan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah guru SMK Negeri di Kabupaten Asahan yang seluruhnya berjumlah 290 guru. Sampel penelitian sebanyak 87 orang guru di SMK Negeri di Kabupaten Asahan, yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan analisis korelasi ganda.Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Asahan dengan nilai r sebesar 0,406 dan thitung sebesar 4,096 serta sumbangan efektif sebesar 14,35%; 2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kultur organisasi dengan kinerja para guru SMK Negeri di Kabupaten Asahan dengan nilai r sebesar 0,417 dan thitung sebesar 4,230 serta sumbangan efektif sebesar 15,25%; 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kultur organisasi secara simultan (bersama-sama) dengan kinerja para guru SMK Negeri di Kabupaten Asahan dengan nilai R sebesar 0,296 dan nilai Fhitung 17,693. Sebagai tindak lanjut maka dalam rangka meningkatkan kinerja guru diharapkan kepada kepala sekolah untuk dapat menjadi pemimpin yang efektif, lebih terbuka, dan memperlakukan para guru sebagai teman sejawat (sesama pendidik) serta diharapkan adanya kerjasama para personel sekolah (kepala sekolah, guru maupun siswa) dalam menciptakan kultur atau budaya organisasi sekolah yang positif dan kondusif, sehingga guru dapat meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Ali h |
Keywords: | Gaya kepemimpinan; Kepala sekolah; Kultur organisasi; Kinerja guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3835 |