SILABAN, MARIEM (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA METHODIST 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.2153311025 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM.2153311025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
3. NIM.2153311025 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM.2153311025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM.2153311025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
6. NIM.2153311025 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM.2153311025 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM.2153311025 BAB I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
13. NIM.2153311025 BAB V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
14 .NIM.2153311025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Resource Based Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model two-group posttest design untuk mengetahui efektivitas dari hasil belajar dan prestasi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 130 orang. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah penugasan menulis teks negosiasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa Model Resource Based Learning lebih efektif digunakan dalam
menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan. hal ini terlihat dari nilai rata-rata di kelas kontrol 64,31 dalam kategori cukup dan standar deviasi 14,23, sedangkan rata-rata nilai di kelas eksperimen adalah 77,40 dalam kategori baik dan standar deviasi 6,33. Dalam hal ini diperoleh to = 2,88, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% =2,00, sehingga t0 > ttabel yakni 2,88 > 2,00. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak hipotesis alternatif
(Ha) diterima. Hal ini membktikan bahwa Pembelajaran dengan model Resource Based Learning lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 021 |
Keywords: | Model Resource Based Learning, Menulis, Teks Negosiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:41 |
Last Modified: | 04 May 2020 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38337 |