HUTABALIAN, EDDY PRANATAL (2020) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBEBR BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISSWA KELAS X IPS SMA NEGERI 15 MERDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7153141010 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 7153141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
3. NIM. 7153141010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 7153141010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 7153141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM 7153141010 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 7153141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 7153141010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 7153141010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
14. NIM. 7153141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sumber belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomisiswa kelas X SMA N 15 Medan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
expost-facto. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan. Teknik Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah 53 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan dokumentasi untuk data prestasi belajar ekonomi. Teknik analsis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sumber belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai ttabel sebesar 1,675 dan nilai thitung sebesar 3,816 > 1,675 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai ttabel sebesar 1,675 dan nilai thitung sebesar 3,305 > 1,675 dengan taraf signifikan 0,002 < 0,05 dan nilai R2 adalah 0,419 yang artinya variabel sumber belajar dan minat belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar sebesar 41,9 % sedangkan sisanya 58,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang belum diketahui peneliti. Regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 9,356 + 0,390 X1 +
0,379 X2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 EKO 005 |
Keywords: | Sumber Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:41 |
Last Modified: | 12 May 2020 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38333 |