KINANTY, YAYANG (2020) PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN EKONOMI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMAN 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7153141052 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 7153141052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
3. NIM. 7153141052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM. 7153141052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 7153141052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 7153141052 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 7153141052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 7153141052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
13. NIM. 7153141052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 7153141052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan langkah penelitian berupa Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini terdiri atas satu ahli materi, satu ahli media, satu guru ekonomi sebagai validator modul, dan siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2018/2019 untuk menguji efektifitas modul. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan pedoman
wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif berupa analisis data mean dan uji t berpasangan dan analisis kualitataif berupa saran dam masukan dari validator.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul mata pelajaran ekonomi berbasis pendekatan saintifik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan (1) modul yang dikembangkan layak digunakan dengan skor validasi dari ahli materi pada validasi I sebesar 4,5 dan validasi II sebesar 4,8 kategori “sangat valid”. Skor penilaian modul oleh ahli
media pada validasi I sebesar 4,5 dan validasi II sebesar 4,7 “sangat valid” dan validasi oleh guru ekonomi memperoleh skor 4,6 pada validasi I dan sebesar 4,8 pada validasi II kategori “sangat valid”, (2) skor kepraktisan modul sebesar 4,2
kategori “praktis”. Skor keefektifan modul sebesar 4,16 menunjukkan bahwa modul berada pada kategori “efektif”. Pengembangan modul mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan perolehan thitung sebesar 21,566 > ttabel (2,07961) dan nilai Sig. (2-tailed)sebesar 0,000 > 0,025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 EKO 006 |
Keywords: | Pengembangan, Modul, Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:41 |
Last Modified: | 12 May 2020 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38330 |