PEGENUSA, JULIO (2019) HAND SIGNS DALAM PEMBELAJARAN ALAT MUSIK TRADISIONAL ANGKLUNG DI SMA NEGERI 1 BABALAN PANGKALAN BRANDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2141140024 COVER.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
2. NIM. 2141140024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3. NIM. 2141140024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 2141140024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. NIM. 2141140024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 2141140024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 2141140024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. NIM. 2141140024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 2141140024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran Alat musik tradisional Angklung di SMA Negeri 1 Babalan, untuk mengetahui penggunaan Hand signs dalam pembelajaran musik tradisional angklung, untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dari penggunaan Hand Signs dalam pembelajaran musik tradisional angklung di SMA Negeri 1 Babalan, untuk mengetahui
kemampuan belajar siswa dalam memahami penggunaan hand signs dalam pembelajaran musik tradisional angklung di SMA Negeri 1 Babalan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Hand Signs, pembelajaran, musik tradisional angklung, kesulitan dan kemampuan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang
meliputi beberapa aspek: Pengamatan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Babalan Sumatera utara yang berlokasi di Jalan Melati nomor 2 Kec. Babalan Kota Pangkalan Brandan kode pos 20857 Sumatera Utara. Waktu Penelitian ini dilaksanakan bulan April 2019 hingga Juni 2019. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XMIPA 2 dan guru yang terdiri dari 36 orang siswa dan 1 orang guru pengajar serta 1 orang kepala sekolah .Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XMIPA 2 yang berjumlah16
orang siswa dan 1 orang guru. Dari Hasil Penelitian ini dapat diketahui bahwa proses pembelajaran alat musik tradisional angklung dengan menggunakan Hand Signs (Lambang tangan) diawali dengan guru memperkenalkan sejarah musik angklung dan dilanjutkan bagaimana cara memegang dan menggoyangkan
angklung dengan benar. Penggunaan Hand Signs Kodaly dalam memberikan simbol nada diinterpretasikan melalui gerakan tangan guru dalam memimpin lagu. kesulitan yang dihadapi dalam penggunaan Hand Signs Kodaly ialah siswa masih salah dalam mengartikan simbol tangan dan simbol harmonisasi yang di berikan oleh guru. Dari proses pembelajaran dapat diketahui kemampuan siswa bahwa siswa lebih cepat mengerti dan mampu memainkan angklung dengan menggunakan Hand Signs Kodaly dengan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MSK 014 |
Keywords: | Hand Signs, Metode Kodaly, Pembelajaran, Angklung |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:41 |
Last Modified: | 19 May 2020 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38314 |