ROSANNA (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEAMANAN PANGAN DI SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5152142014 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 5152142014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM. 5152142014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 5152142014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 5152142014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 5152142014 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 5152142014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
9. NIM. 5152142014 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
10. NIM. 5152142014 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
11. NIM. 5152142014 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
12. NIM. 5152142014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM. 5152142014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
14. NIM. 5152142014 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran Keamanan Pangan; (2) hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran Keamanan Pangan; (3) pengaruh metode pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar Keamanan Pangan. Teknik pengambilan sampel secara
Total Sampling dengan jumlah sampel 64 siswa. Kelas X Jasa Boga 1 berjumlah 32 siswa dan kelas X Jasa Boga 2 berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan berganda dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan dan uji persyaratan analisis menggunakan rumus uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan rumus Liliofers.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran keamanan pangan termasuk kategori cenderung tinggi sebesar (75,12%), dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran Keamanan Pangan termasuk kategori cenderung cukup
sebesar (62,6%). Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Team Quiz dengan nilai (thitung = 8,86 < ttabel = 11,07), dan kelas yang menggunakan metode ceramah yaitu
(thitung = 10,52 < ttabel = 11,07). Untuk uji homogenitas diperoleh nilai fhitung = 1,05 dan ftabel = 1,84, maka dapat disimpulkan fhitung<ftabel (1,05 < 1,84) yang berarti
data hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran Team Quiz dan hasil belajar yang menggunakan metode ceramah adalah homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode
pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar Keamanan Pangan dengan nilai (thitung>ttabel) (18,89>1,67) pada taraf signifikan 5%. Artinya metode pembelajaran Team Quiz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keamanan Pangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BOGA 004 |
Keywords: | metode pembelajran, team quiz, hasil belajar, keamanan pangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:41 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38304 |