PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMP AL WASHLIYAH 8 MEDAN

Widiyarti, Gemala (2013) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMP AL WASHLIYAH 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116182007 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8116182007 Judul.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116182007 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116182007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116182007 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116182007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116182007 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116182007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116182007 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116182007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116182007 Bab I.pdf]
Preview
Text
6. 8116182007 Bab I.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8116182007 Bab V.pdf]
Preview
Text
7. 8116182007 Bab V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116182007 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8. 8116182007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa kelas VII SMP Al Washliyah 8 Medan saat mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Snowball Throwing, serta mengetahui hasil belajar siswa pada saat menggunakan model Snowball Throwing dan memperoleh gambaran tentang hasil kemampuan berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia setelah tindakan dilakukan (treatment) dilakukan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas yang merupakan suatu bentuk penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan (guru, siswa, atau kepala sekolah) dalam situasi-situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki rasionalitas dan kebenaran (a) praktik-praktik social atau pendidikan yang dilakukan sendiri, (b) pengertian mengenai praktik-praktik ini, dan (c) situasi-situasi (lembaga-lembaga) dimana praktik – praktik tersebut dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan siswa dalam hal berbicara setelah dilakukan implementasi tindakan dengan model Snowball Throwing mengalami peningkatan, peningkatan tersebut dapat dilihat dari indikator keberhasilan produk. Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari siswa yang mulanya pasif dan terlihat hanya banyak diam, maka setelah menggunakan model ini dalam pembelajaran. Siswa terlihat menjadi lebih aktif dan antusias serta percaya diri ketika disuruh untuk berbicara didepan kelas. Selain itu, ketika tes dilakukan terlihat kemampuan berbicara dan kepercayaan diri siswa meningkat secara bertahap dari tiap siklus yang dilakukan. Hasil skor penilaian tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada aspek kemampuan berbicara yaitu pada prasiklus sebesar 58,9 meningkat ke siklus pertama sebesar 77,3 dan meningkat pada siklus kedua yaitu 98,4. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan implementasi tindakan dengan model Snowball Throwing terdapat peningkatan pada tiap siklus. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini dapat membantu siswa agar berani mengeluarkan pendapat dan ide /gagasan secara lebih lancar dan lebih runtut. Selanjutnya, siswa dapat meningkatkan sikap berpikir yang kritis, logis sistematis dan lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.302 8 Wid p
Keywords: Snowball throwing; Model pembelajaran; Membaca; Kemampuan berbicara; Kosakata; Lafal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4177 Debating
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 03 May 2016 23:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3823

Actions (login required)

View Item
View Item