Lubis, Nurasiyah Anas (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DENGAN KARTU KATA BERGAMBAR MELALUI MEDIA KOMPUTER PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL BUNAYYA 1 TANJUNG SARI MEDAN SELAYANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116182017 Judul.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. 8116182017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (879kB) | Preview
3. 8116182017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. 8116182017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. 8116182017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. 8116182017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. 8116182017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. 8116182017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. 8116182017 Bab I.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
10. 8116182017 Bab V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
11. 8116182017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan Dengan Kartu Kata Bergambar Melalui Media Komputer Pada Kelompok B Di Raudhatul Athfal Bunayya I Tanjung Sari Medan Selayang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan media komputer, penelitian dilaksanakan selama 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 4 (empat) pertemuan dengan waktu 2 x 30 menit. Subyek penelitian ini adalah seluruh anak kelas B Raudhatul Athfal Bunayya I Tanjung Sari Medan Selayang pada semester Ganjil Tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 orang. Anak laki-laki berjumlah 7 orang dan anak perempuan berjumlah 8 orang. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan keaksaraan dan observasi proses pembelajaran. Observasi dilakukan pada setiap tindakan untuk memperoleh data tentang aktivitas anak yang berkembang selama pembelajaran berlangsung. Analisis data dengan tehnik deskriptif. Dalam penelitian ini, proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Indikator pertama keberhasilan yang sudah ditentukan oleh peneliti yaitu kemampuan dalam keaksaraan adalah mencapai 75% dari seluruh anak dalam kelas telah menunjukkan kemampuan keaksaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keaksaraan anak kelas B Raudhatul Athfal Bunayya I Tanjung Sari Medan Selayang mengalami peningkatan sebesar 1.95% setelah mengikuti pembelajaran keaksaraan dengan kartu kata bergambar melalui media komputer. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil keaksaraan anak pratindakan memperoleh rata-rata sebesar 56.67 terjadi peningkatan hasil keaksaraan sebesar 0.93%, Tindakan yang dilakukan di siklus I guru tidak membagi anak menjadi kelompok, mengajak anak membaca secara bersama-sama, sedangkan tindakan siklus II guru membagi anak dalam 2 kelompok. Siklus I memperoleh rata-rata sebesar 66.00 terjadi peningkatan hasil keaksaraan sebesar 1.02%, pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditentukan oleh peneliti yaitu 75% dari seluruh anak dalam kelas telah menunjukkan kemampuan keaksaraan, maka dilanjutkan ke siklus II. Siklus II memperoleh rata-rata sebesar 76.13 terjadi peningkatan hasil keaksaraan sebesar 1.95%. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa dengan kartu kata bergambar melalui media komputer dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak dan membuat pembelajaran anak lebih menyenangkan. Dengan demikian kartu kata bergambar melalui media komputer ini dapat dijadikan menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam menyajikan pembelajaran keaksaraan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.410 71 Lub p |
Keywords: | Keaksaraan; Menulis; Membaca; Media komputer; Kartu kata bergambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 20:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3819 |