Sinaga, Ranto (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.
1. 809121040 Judul.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 809121040 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
3. 809121040 Abstrak.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. 809121040 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. 809121040 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. 809121040 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7. 809121040 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. 809121040 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 809121040 Bab I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
10. 809121040 Bab V.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
11. 809121040 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir dan siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Inquiri, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah, (3) interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia siswa.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 8 kelas dengan jumlah 320 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 80 orang. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban terdiri dari 40 butir soal. Untuk menjaring data minat belajar siswa dilakukan melalui angket yang telah diuji kevalidannya, uji coba angket dilakukan pada 40 orang siswa, dari 40 butir angket yang ditujukan terdapat 30 butir angket yang dinyatakan sahih dan digunakan dalam penelitian. Untuk menganalisis tes hasil belajar bahasa Indonesia digunakan korelasi point biserial, sedangkan analisis angket minat belajar digunakan product moment. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05. Syarat ANAVA adalah data harus berdistribusi normal dengan Lilifors dan data harus memiliki varians populasi homogen dengan uji bartlett dan uji fisher.Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Inquiri, (2) hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dengan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi dan strategi Inquiri lebih tepat digunakan pada siswa yang memiliki minat belajar rendah. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru bahasa Indonesia yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran harus diperhatikan karakteristik siswa khususnya minat belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.21 Sin p |
Keywords: | Pembelajaran inkuiri; Pembelajaran SPPKB; Minat belajar; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 19:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3814 |