KEMBAREN, YOHANA AGATHA (2020) ANALISIS POSTER KARYA PESERTA DIDIK KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 KABANJAHE T.A 2018/2019 BERDASARKAN UNITY, LAYOUT, TIPOGRAFI, DAN WARNA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2152151014 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 2152151014 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM. 2152151014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 2152151014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 2152151014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
6. NIM. 2152151014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM. 2152151014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
8. NIM. 2152151014 BAB I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
12. NIM. 2152151014 BAB V.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM. 2152151014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk lebih mengenal, mendeskripsikan dan menginterpretasikan hasil karya peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kabanjahe, berupa poster yang ditinjau berdasarkan unity (kesatuan), layout (tata letak), tipografi, dan warna. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 karya poster peserta didik dengan sampel berjumlah 24 karya dan teknik yang digunakan adalah purposive sample. Data dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara mengetahui hasil validasi yang dilakukan validator, kemudian menganalisis hasil validasi berdasarkan kategorisasi yang berkaitan dengan objek yang diteliti yang meliputi kesatuan (unity), tata letak (layout), tipografi, dan warna. Dari total 24 karya peserta didik, karya no 5 memperoleh nilai tertinggi (94) dan karya no 1 (88,25) dan no 2 (88,25). Sebanyak 11 karya (46%) memperoleh predikat sangat baik (A) dan sebanyak 13 karya (54%) memperoleh predikat baik (B) Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pada aspek kesatuan (unity) didapat rerata berjumlah 89, 25, untuk tata letak (layout) dengan nilai rerata 89,41, tipografi dengan nilai rerata 88,29, dan warna dengan nilai rerata 88,95. Secara umum dari hasil nilai rerata untuk empat kategori dapat dinterpretasikan berkualitas baik.
Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian , peneliti menyampaikan saran agar kepala sekolah memberikan dukungan lebih pada pelajaran seni budaya untuk meningkatkan skill guru dan peserta didik dalam berkarya seni rupa , guru juga harus menambah wawasannya agar kualitas karya peserta didik kedepannya menjadi lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 RUPA 007 |
Keywords: | poster, peserta didik, kesatuan, tata letak, tipografi, warna |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:24 |
Last Modified: | 29 May 2020 17:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38104 |