WINDARI, GAYATRI LIA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-JAM'IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4152111014 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 4152111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM. 4152111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 4152111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 4152111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 4152111014 TABLES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM. 4152111014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 4152111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 4152111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (870kB) | Preview
13. NIM. 4152111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4152111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di MTs Al-Jam’iyatul Washiliyah Tembung T.A 2019/2020.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas VIII-1. Data diambil melalui observasi, tes, dan wawancara kemudian dilakukan deskripsi kualitatif untuk mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning. Analisis tes berpikir kreatif matematis mengacu pada empat indikator berpikir kreatif yaitu kelancar (fluency), keluwes (flexibility), kerincian (elaboration), dan keaslian (originality), kemudian diidentifikasi ke dalam Tingkat Berpikir Kreatif Matematis (TBKM) yang meliputi sangat tinggi (4), tinggi (3), sedang (2), rendah (1), dan sangat rendah (0).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dari 30 orang siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning dengan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat rendah’ 23,33%, kemampuan ‘rendah’ 30%, kemampuan ‘sedang’ 36,67%, kemampuan ‘tinggi’ 6,67% dan kemampuan ‘sangat tinggi’ 3,33%; (2) Setelah proses jawaban siswa dideskripsikan siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning sudah mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah dengan belajar berpikir, mencari jawaban, bertanya kepada orang dan kegiatan mencari serta menghimpun data/informasi menimbulkan adanya gagasan baru; (3) Analisis kesulitan berpikir kreatif matematis penelitian ini adalah kesulitan dalam menerapkan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal bersamaan dengan kekurangmampuan menyelesaikan masalah dengan cara sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 036 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:23 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 11:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38076 |