NOVRIZA, BUNGA BELLA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK PAB 2 HELVETIA T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7153142005 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7153142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
3. NIM 7153142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. NIM 7153142005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM 7153142005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 7153142005 TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM 7153142005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8. NIM 7153142005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 7153142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
13. NIM 7153142005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
14. NIM 7153142005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK PAB 2 Helvetia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan pendekatan Scaffolding.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia yang beralamat di Jalan Veteran Pasar IV Helvetia, Medan Helvetia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak dengan jumlah 36 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan pendekatan Scaffolding dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Masing – masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes soal akuntansi untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data
menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis diperoleh hasil observasi yang telah dilakukan
menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I yaitu mencapai 59% yaitu termasuk kriteria Cukup Aktif sebanyak 12 siswa (10 siswa aktif dan 2 siswa sangat aktif), meningkat pada siklus II yaitu mencapai 75% yaitu termasuk kriteria Aktif sebanyak 28 siswa (20 siswa aktif dan 8 siswa sangat aktif). Hal ini memenuhi kriteria penilaian yaitu 27 siswa (75%) memperoleh skor ≥19 atau
67,8%. Hasil belajar di sikllus I terdapat 61% (22 siswa) yang mencapai skor standar yang telah ditentukan dengan nilai rata – rata 74,03. Pada siklus II menunjukkan ada peningkatan yaitu terdapat 89% (32 siswa) yang tuntas dengan nilai rata – rata 82,64. Karena aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus II sudah meningkat dan mencapai indikator keberhasilan ini tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan pendekatan Scaffolding di kelas XI Ak SMK PAB 2 Helvetia T.P 2019/2020 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 AKT 016 |
Keywords: | AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:23 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 11:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38074 |