UPAYA MENNGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBLOG PADA MATERI LAJU REAKSI

Sinaga, Eko Martin (2020) UPAYA MENNGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBLOG PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 4161131007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4161131007 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4161131007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4161131007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4161131007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4161131007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4161131007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4161131007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4161131007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4161131007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4161131007 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4161131007 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4161131007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4161131007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4161131007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4161131007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4161131007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4161131007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4161131007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4161131007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4161131007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4161131007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan: (1) apakah peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL menggunakan media weblog lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran yang sama namun tidak menggunakan media pembelajaran weblog; (2) apakah ada korelasi antara motivasi belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL menggunakan media weblog; (3) apakah ada perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL menggunakan media weblog dan dengan menggunakan model pembelajaran yang sama namun tidak menggunakan media weblog. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan kurikulum 2013 pada materi ajar laju reaksi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Penentuan sampel ini dilakukan dengan teknik purpose sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar dan instrumen non tes untuk mengukur motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar yang dibelajarkan dengan model PBL menggunakan media weblog sebesar 74,7 sedangkan yang dibelajarkan dengan model yang sama namun tidak menggunakan media weblog sebesar 62,658; rata-rata motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL menggunakan media weblog sebesar 85,92 sedangkan yang dibelajarkan dengan model yang sama namun tidak menggunakan media weblog sebesar 78,45. Berdasarkan analisis statistik SPSS 22,0 for windows pada tingkat signifikansi 5% dapat dinyatakan bahwa (1) peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL menggunakan media weblog lebih tinggi secara signifikan daripada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model yang sama namun tidak menggunakan media weblog; (2) ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media weblog, dengan koefisien korelasi sebesar 0,925 dan kontribusi motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 85,5% sedangkan 14,5% lagi dipengaruhi faktor lain; (3) ada perbedaan secara signifikan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL menggunakan media weblog dengan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model yang sama namun tidak menggunakan media weblog.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 KIM 016
Keywords: Model PBL; Motivasi Belajar; Weblog; Hasil Belajar; Laju Reaksi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:22
Last Modified: 28 May 2020 22:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38064

Actions (login required)

View Item
View Item