PANJAITAN, MARTHA OCTAVIA (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4163131016 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 4163131016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 4163131016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 4163131016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
5. NIM. 4163131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6. NIM. 4163131016 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM. 4163131016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM. 4163131016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
9. NIM. 4163131016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM. 4163131016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM. 4163131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL); (2) Apakah aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL); (3) Apakah ada korelasi signifikan antara aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa ); (4) Mengembangkan video pembelajaran pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Banyak sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik pengambilan kelas sampel menggunakan random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid serta reliabel, dengan nilai r11 = 0.849 sedangkan rtabel = 0.329. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen I dan II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis I dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni nilai Signifikansi hasil 3,2, berarti Ha diterima dan tolak Ho. Untuk uji hipotesis II dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung > ttabel yakni nilai Signifikansi hasil 2,2, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu Aktivitas siswa yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media Video Pembelajaran lebih tinggi dari Aktivitas siswa yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Untuk korelasi, menunjukkan korelasi positif antara hasil belajar dengan aktivitas siswa dengan rhitung > rtabel (0.72 > 0.381). Kontribusi aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 yaitu sebesar 51,84%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 017 |
Keywords: | Problem Based Learning (Pbl); Hasil Belajar; Aktivitas Siswa; Video Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:22 |
Last Modified: | 28 May 2020 22:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38063 |