SITUMORANG, DEVI ASTRID RELIDYA (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4163131005 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4163131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
3. NIM. 4163131005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 4163131005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM. 4163131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
6. NIM. 4163131005 TABLES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. NIM. 4163131005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM. 4163131005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. NIM. 4163131005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. NIM. 4163131005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM. 4163131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14. NIM. 4163131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan mengetahui aspek aktivitas siswa yang paling menonjol pada kelas yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing dengan metode praktikum. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Swasta Sultan Iskandar Muda sebanyak 4 kelas dengan rata-rata jumlah siswa perkelas 30 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling dan diperoleh dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah 20 butir soal pilihan berganda yang telah divalidasi sebelumnya dan instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas siswa. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan uji t satu pihak, yaitu uji t pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis data, nilai thitung adalah 18,32 dan ttabel pada α = 0,05 adalah 1,668, sehingga nilai thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha yang berarti peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode praktikum lebih besar daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional dengan metode praktikum pada materi laju reaksi. Aspek aktivitas siswa yang paling menonjol di kelas eksperimen adalah aspek psikomotorik dengan nilai rata-rata sebesar 82,72. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas psikomotorik siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 021 |
Keywords: | INKUIRI TERBIMBING, PRAKTIKUM, PENINGKATAN HASIL BELAJAR, AKTIVITAS SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:21 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38050 |